Apa itu Program dan Algoritma dan kaitan nya dengan hidup kita

Sabtu, 08 November 2014

DASAR PEMROGRAMAN

Apa itu program dan algoritma?? pasti banyak dari kita yang sudah bisa membuat sebuah program, betul kan?? tapi apa kah kita sudah benar-benar mengerti apa itu sebenar nya program dan maksud dari algoritma di dalam pemrograman, dan darimana asal program tersebut?? baiklah mari kita bahas apa itu program, dan bagaimana program bisa lahir di dunia ini. 

Program

Menurut saya pribadi, program adalah sekumpulan isntruksi yang kompleks yang diugnakan untuk menyelesaikan sebuah masalah. Program muncul dari sebuah permasalahan yang timbul di dalam kehidupan kita, sebagai contoh yang sering kita temui yaitu masalah keuangan dalam rumah tangga, setiap rumah tangga pasti memiliki program untuk mengatur keuangan nya misal: 

ayah mendapatkan gaji, gaji di berikan sebagian ke ibu, sebagian di tabung ayah, sebagian lagi untuk uang saku ayah, uang yang ayah berikan ke ibu sebagian ibu tabungkan, sebagian untuk keperluan bulanan, sebagian untuk belanja, sebagian untuk uang saku kita

Nah proses di atas termasuk juga program, tanpa program berapapun gaji atau pendapatan manusia tidak akan bisa cukup untuk kehidupan nya 1 bulan, itulah alasan kenapa program sangat terkait erat dengan setiap elemen kehidupan manusia, manusia tidak bisa hidup secara teratur tanpa program dan bisa di bilang manusia akan meninggal usia muda jika tidak memili 1 program pun dalam kehidupan nya.

Begitu juga sebuah komputer, setiap elemen komputer diciptakan berdasarkan program mulai dari power suply, cashing, dll. Program dalam komputer di ciptakan dengan tujuan utama membatu manusia dalam menyelesaikan masalah, Jadi harus di ingat bahwa bukan komputer yang menyelesaikan masalah tapi kita lah yang menyelesaikan masalah dengan bantuan program dari sebuah komputer.

Algoritma

Setiap Programer pastilah sudah mengerti apa itu algoritma, kebanyakan setiap kita mengatakan algoritma Mind Set seseorang pasti langsung menuju dunia komputer, membuat program aplikasi, membuat software, hacker, dll. Pada dasarnya algoritma juga terjadi pada kehidupan kita. Lalu apa sebenar nya algoritma?? kenapa erat sekali hubungan nya dengan program??


Menurut saya pribadi, algoritma adalah prosedur atau langkah-langkah yang tersusun secara runtut untuk membentuk sebuah program. Algroritma memiliki sebuah peranan khusus dalam membentuk program di karenakan algoritma ini lah yang nantinya menjadi acuan dalam menyusun beberapa peraturan menjadi sebuah program.


Algoritma memiliki 3 struktur dasar dalam membuat langkah-langkah yaitu  :
  • Perurutan (sequence)
  • Pemilihan (selection)
  • perulangan (looping)
Jika ada yang belum mengerti Cekidot sini dah "Mengenal 3 struktur dasar program"

Apakah dalam kehidupan 3 struktur dasar itu terjadi?? jawaban nya adalah YA coba kita rasakan hal yang sangat sering sekali kita lakukan, dalam satu hari kita melakukan serangkaian aktifitas seperti 

kita bangun pagi ==> menata tempat tidur ==> mandi ==> sarapan ==>melakukan aktifitas pagi ==> istirahat siang ==> makan siang ==> menjalankan aktifitas sore hari ==> berkumpul keluarga dan makan malam ==> belajar/mengerjakan tugas ==>tidur ==> kita bangun pagi ==> menata tempat tidur ==> mandi ==> sarapan ==>melakukan aktifitas pagi ==> istirahat siang ==> makan siang ==> menjalankan aktifitas sore hari ==> berkumpul keluarga dan makan malam ==> belajar/mengerjakan tugas ==>tidur ==> dst

begitulah aktifitas yang kita jalani, dalam setiap aktifitas itu pasti kita lakukan secara urut (sequence) dan dalam setiap aktifitas kita pasti kita juga di hadapkan pilihan seperti saat kita sarapan dengan berbagai macam lauk atau pun saat kita mengerjakan soal pilihan ganda, kita pasti melakukan  pemilihan (selection) agar urutan kegitan kita terus berjalan, setelah 1 hari kita melakukan aktifitas maka besok pagi kita akan melakukan hal yang sama lagi yang terus-menerus berulang (looping).Nah... percaya kan bahwa Algoritma itu berkaitan dengan hidup kita, dan serangkaian proses di atas dapat kita sebut program.

Kembali ke atas. kita sering kali menggunakan komputer dan menemui beberapa program aplikasi yang dapat membantu kita dalam memecahkan masalah kita, dalam beberapa hal dasar seperti kalkulator, Ms-Office, Adobe Photoshop, Adobe Reader, dll. nah dalam pembentukan program aplikasi di tersebut juga berdasarkan sebuah masalah yang muncul dalam kehidupan kita dan pembangunan aplikasi tersebut juga menggunakan 3 dasar di atas yaitu perurutan(sequence), pemilihan(selection), perulangan(looping).


Terima kasih telah membaca Artikel Apa itu Program dan Algoritma dan kaitan nya dengan hidup kita . Jika Anda ingin Copy Paste Artikel ini, Harap cantumkan Link Apa itu Program dan Algoritma dan kaitan nya dengan hidup kita sebagai sumbernya.
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Catatan Informatika - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Inspired by Sportapolis Shape5.com
Proudly powered by Blogger