Flowchart

Minggu, 09 November 2014

Definisi

Flowchart seperti nama nya, arti dari flowchart adalah metode penggambaran alur dari logika yang akan kita terapkan dalam algoritma kita, ini adalah langkah utama bagi kita yang masih pemula untuk belajar membuat program karena flowchart akan sangat membantu kita dalam proses pembuatan algoritma pemrograman.

Flowchart memiliki beberapa model gambar grafik seperti : 


Dapat di lihat pada gambar di atas beberapa simbol dari flowchart, dalam setiap simbol memiliki fungsi yang berbeda beda. Flowchart memiliki beberapa peraturan yang harus kita pahami dalam penulisan nya yaitu :

  • alur flowchart selalu turun
  • alur flowchart selalu berurutan
  • alur flowchart harus jelas maksud nya
  • berawal dari start dan harus di akhiri dengan stop
  • setiap kita menggunakan percabangan atau pemilihan maka setelah percabangan harus kembali ke alur utama yang menuju stop

Itulah beberapa aturan dalam menulis flowchart (menurut saya). Flowchart tidak hanya berguna dalam kita belajar untuk membuat algoritma pemrograman kita. tapi kita juga membutuhkan yang nama nya flowchart pada saat kita bekerja sama dalam tim yang besar dengan banyak programer, Kenapa?? karena flowchart lah yang menjadi acuan para programer membuat program dalam kerja sama tim.

Mari kita kembali pada artikel sebelum nya ya itu "Apa itu Algoritma dan Pemrograman dan kaitan nya dengan kehidupan kita" dalam artikel sebelum nya menerangkan bahwa algoritma dan pemrograman memiliki kaitan yang erat dengan kehidupan kita, mari kita berfikir sejenak... jika algoritma memiliki kaitan dengan kehidupan.. apakah berarti kehidupan kita juga bisa di gambarkan dalam flowchart???? jawaban nya YA. Setiap kegiatan yang kita lakukan adalah salah satu dari bagian proses dan setiap proses dapat di gambarkan menggunakan flowchart, Mari kita lihat contoh sederhana nya :




Sekali lagi betul kan kalau semua yang kita bahas ini memiliki kaitan dengan kehidupan kita... :) bisa di lihat di atas adalah sebuah proses membuat mie instan yang di gambarkan menggunakan flowchart. itu adalah dasar dari pembuatan algoritma program

Terima kasih telah membaca Artikel Flowchart . Jika Anda ingin Copy Paste Artikel ini, Harap cantumkan Link Flowchart sebagai sumbernya.
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Catatan Informatika - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Inspired by Sportapolis Shape5.com
Proudly powered by Blogger